Rabu, 25 Mei 2011

Moody's Kaji Turunkan Rating 14 Bank di Inggris

LONDON - Moody's Investors Service tengah meninjau rating 14 bank di Inggris termasuk Lloyds TSB Bank dan Royal Bank of Scotland akan adanya kemungkinan downgrade karena dukungan pemerintah kurang dalam kasus bailout.

Moody's mengatakan review tersebut di antaranya akan meninjau kembali tingkat dukungan sistemik peringkat lembaga keuangan Inggris dalam rangka menyelaraskan peringkat mereka dengan perubahan. Hal ini dilakukan untuk mendukung pemerintah di mana perbankan Inggris telah pulih dari krisis keuangan global.

"Penilaian ulang ini tidak didorong oleh penurunan dalam kekuatan keuangan dari sistem perbankan atau dari pemerintah," kata seorang Senior Credit Officer Moody's Elisabeth Rudman, dilansir dari AFP, Rabu (25/5/2011).

Dia menambahkan bila penilaian ini telah dimulai sebagai tanggapan terhadap bimbingan yang berkelanjutan dari pemerintah Inggris (Bank of England, Otoritas Jasa Keuangan dan Treasury) bahwa bank-bank yang gagal di masa depan seharusnya tidak mengharapkan suntikan modal dari dana publik.

Namun, lembaga pemeringkat ini mengatakan berharap bisa mempertahankan pengangkatan dukungan sistemik tingkat tinggi di peringkat utang senior bank-bank besar Inggris, karena percaya bahwa regulator saat ini tidak memiliki semua alat yang diperlukan untuk menyelesaikan institusi tersebut tanpa menyebabkan ketidakstabilan keuangan.

Adapun bank-bank yang peringkatnya ditelaah menjadi downgrade kemungkinan adalah Bank Irlandia (Inggris) plc, Co-Operative Bank plc, Coventry, Lloyds TSB Bank plc, Nationwide Building Society, Newcastle, Norwich & Peterborough, Nottingham, Bank NISP Tbk, Inggris Santander plc, Community Skipton Building, West Bromwich Community Building, Community Building Yorkshire.

Moody's pun telah mengubah pandangan atas utang senior Aa3 dan peringkat deposito Barclays Bank plc menjadi negatif dari stabil dan utang senior AA2 dan peringkat deposito HSBC Holdings plc dan HSBC Bank dengan outlook negatif (okezone).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar